Menanggulangi Mati Motor Pulsar 200 Karena Cuci Steam

Posted: 3 Juni 2012 in Pulsarian

Dear All PZ00 dan semua yang ga punya engkol, hehehe..

Kebetulan tadi abis steam PZ00 ane, kebetulan memang pulsar gampang sekali mati jika ditembak air kebagian mesin atau busi, dan kebagian batok untuk kelistrikan, dan akhirnya setelah steam kelar motor ane tewas, beberapa kali starter mesin ga mau nyala akhirnya aki abis listriknya mau ga mau minta orang dorongin kerumah.

OK, sampe rumah memang ane udah siap perlengkapan langsung nyalain mobil, buka kapnya dan jumper aki PZ00 ane ke aki mobil buat bantu kelistrikan, dari jam 7 ane starter terus menerus sampe jam 9 malam ga mau nyala, ane buka busi bersihin dan keringin test api aman ok2 semua.

OK hal yang ane mau share adalah :

1. Jika Motor Mati Abis di Steam, Pertama Hindari starter yang berlebihan, karena motor kita ga ada engkol kalo aki abis, dorong mau ga mau.
2. Fokus pada Busi, Busi pertama yang nyala ada busi bagian kiri dan busi bagian kanan adalah busi nyala kedua, fokus pada busi bagian kiri pastikan ada percikan api saat ditest busi kiri, dan keringkan lubang busi pada bagian kiri, ingat fokus dulu pada bagian busi bagian kiri.
3. starter yang paling aman dan tidak merusakan dinamo starter adalah naikan tarikan gas dengan baut yang ada didekat tempat coke, jangan starter sambil menggerakan gas, naikan saja tarikan gas dengan memutar baut yang ada dibagian kiri, naikan sampai rpm 8000 tarikan gas dengan baut, kemudian starter saja tanpa memegang pedal gas.
4. Ingat jangan berlebihan mainkan starter, jika tidak mau nyala juga, keringkan dan bersihkan juga busi bagian kanan, untuk mengetest nyala atau tidak busi bagian kanan adalah harus dipasangkan pada kabel busi bagian kiri, jika sudah ok pasang kembali
5. Starter kembali motor dengan gas yang sudah dinaikan sampai rpm 8000 dengan memutar baut dan jangan menggunakan coke dan jangan pula memaikan tuas gas, jika motor sudah mulai nyala, diamkan saja sampai rpm 8000 tersebut stabil

Hal2 yang bisa merusak dinamo starter adalah :

1. Menyalakan starter dengan memaikan tuas gas, hindari pemakaian ini jika motor mati karena steam dan menyalakan motor di pagi hari
2. Biasakan memanaskan motor di pagi hari dan sebelum menstarter motor, buka tuas coke terlebih dahulu, dan jangan menstarter sambil menggerakan tuas gas.

JANGAN MEMAINKAN TUAS GAS SAAT MENSTARTER (DALAM KEADAAN MOTOR MATI KARENA STEAM ATAU PAGI HARI)

KARENA AKAN MENIMBULKAN HENTAKAN2 KERAS PADA DINAMO STARTER

CMIIW, Mudah2an bermanfaat 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s